Sabtu, 22 Juni 2019

Resep Herbal Untuk Sakit Pinggang

Herbal Galih Gumelar - Sakit pinggang seringkali menyiksa. Seseorang bisa meringis kesakitan karena rasa tak nyaman di area pinggang. Sebelum mengonsumsi obat-obatan dan pergi ke dokter, sakit pinggang bisa diredam dengan pertolongan pertama.

Ada beberapa cara rumahan yang mudah dan murah untuk mengatasi sakit pinggang. Bisa dari herbal, minuman, dan makanan.

1. Capsaicin

Mudah dan Murah, Simak Solusi Rumahan Atasi Sakit Pinggang. Makan buah dan sayur untuk mengurangi rasa sakit pinggang. Capsaicin adalah senyawa yang terkandung dalam cabai atau bumbu dapur lainnya yang memiliki cita rasa pedas. Senyawa ini bekerja dengan mengurangi zat alami tertentu dalam tubuh (substansi P) yang membantu meloloskan sinyal rasa sakit ke otak.

Dalam dunia medis, capsaicin dapat dimanfatkan sebagai zat aktif yang digunakan untuk membantu mengobati sakit ringan dan nyeri otot/sendi, misalnya arthritis, sakit punggung, atau keseleo. Obat ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisonal sakit pinggang dan nyeri saraf.

2. Jahe

Meskipun studi lebih lanjut diperlukan, namun penelitian terbaru menyebutkan jika ekstrak jahe dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan otot karena mengandung phytochemical. Phytochemical sendiri adalah senyawa yang membantu menghentikan peradangan, sehingga dapat dijadikan obat tradisional sakit pinggang. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien yang secara teratur diberikan jahe mengalami perbaikan yang signifikan dalam rasa sakit, bengkak, dan rasa kaku.

3. Feverfew

Feverfew telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sakit kepala, sakit perut, dan sakit gigi. Namun ternyata, obat herbal satu ini juga digunakan untuk migrain dan arthritis. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah feverfew sebenarnya efektif atau tidak sebagai obat tradisional sakit pinggang.

4. Kunyit

Tidak seperti jenis tumbuhan lainnya, National Center for Complementary and Alternative Medicine telah menemukan bahwa kunyit dapat bekerja terbaik dalam memerangi nyeri sendi ketika diambil secara efektif. Kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya sebagai antiperadangan yang baik untuk mengurangi nyeri sendi. Penggunaan kunyit dengan dosis tinggi atau penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Itu sebabnya, konsultasi ke ahli herbal atau dokter sebelum menggunakan kunyit sebagai obat tradisional sakit pinggang.
Disqus Comments